BEASISWA

1. 51 Siswa SD Alam AL-Karim Raih Beasiswa Tahfidz 2020


"Program Beasiswa Rumah Tahfidz ini merupakan bentuk komitmen kami untuk tetap memberikan pendidikan secara intensif kepada siswa agar menjadi generasi penghafal Al-Quran," Ujar Abdul Karim, kepada wartawan, Sabtu (8/8/20).


Abdul Karim menjelaskan bahwa program yang diselenggarakan setiap tahunnya di SD Alam Al Karim ini ingin memfasilitasi dan memotivasi siswa untuk menjadi generasi Islam yang hafidz Qur'an. Namun tidak semua siswa bisa mendapatkan beasiswa ini, ada beberapa kriteria sehingga siswa bisa terpilih menjadi santri di Rumah Tahfidz. Pertama, siswa memiliki semangat serta berpotensi untuk menuntaskan hafalan dengan target tertentu.  Kedua, orangtua siswa berkomitmen untuk mendukung setiap kegiatan yang siswa lakukan selama menjalankan program beasiswa tersebut.
Tahun ini SD Alam Al-Karim memberikan Beasiswa Rumah Tahfidz kepada 51 siswa. Para penerima  beasiswa tersebut terdiri dari Kelas I sebanyak 9 siswa, Kelas II sebanyak 7 siswa, Kelas III sebanyak 12 siswa, Kelas IV sebanyak 8 siswa, Kelas V sebanyak 10 siswa, dan Kelas VI sebanyak 5 siswa. Nantinya mereka akan mendapatkan pendampingan pendidikan menghafal Alquran selama 1 Tahun.

"Kami ucapkan selamat kepada para peserta yang telah meraih Beasiswa Rumah Tahfizd  2020. Harapannya semoga beasiswa ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para penerimanya serta memberikan barokah kepada siswa, orangtua, dan sekolah," ungkap Linda Kurniawati, selaku Kepala SD Alam Al-Karim.




2. SD Alam Al-Karim Luncurkan beasiswa pendidikan dimasa Pandemi.



Salah satu orangtua murid di Interview secara eksklusif di ruang media Al-Karim pada kamis, 29 Juli 2020. Di Ruang tersebut ada juga ketua Yayasan Al-Karim Bandar Lampung. Ada apa?

Berkembangnya suatu lembaga pendidikan tentu tidak terlepas dari peran dan kerjasama yang baik antara sekolah dan orang tua. Pihak sekolah menaruh perhatian yang besar terhadap orang tua yang selalu memprioritaskan pendidikan untuk anaknya.

Bunda Hayati misalnya, beliau adalah salah satu orangtua dari siswa SD Alam Al-Karim yang juga berprofesi sebagai Guru di salah satu SD Negeri yang ada di Bandar Lampung, serta suaminya yang saat ini bekerja sebagai seorang juru parkir disalah satu pusat perbelanjaan yang ada di Bandar Lampung. Apalagi ditengah kondisi pandemi seperti ini tentu pemasukan untuk kebutuhan sehari-sehari jauh berkurang dibanding sebelum masa pandemi. Kendati demikian tidak menyurutkan semngatnya untuk selalu memprioritaskan pendidikan untuk anaknya dengan selalu tertib dalam adminstrasi.

"Saya yakin rezeki datangnya dari Allah, jadi saya tidak pernah takut dan benar Allah selalu mencukupkan rezeki untuk anak saya," Tutur bunda Hayati saat diwawancara.

Beliaupun melanjutkan, makanya saya tidak khawatir kembali menyekolahkan anak saya yang kedua di SD  Alkarim. Meskipun saya seorang Guru dan suami saya hanya pekerja swasta yang bergerak dibidang parkir, saya dan suami tidak ragu justru saya harus pintar-pintar mengatur keuangan supaya anak saya mendapatkan pendidikan yang terbaik. Untuk itu kami selalu memprioritaskan, serta mengutamakan pendidikan untuk anak saya.

Berlatar belakang hal tersebut pihak sekolah memberikan bantuan pendidikan kepada Bunda Hayati atas kegigihannya untuk selalu mengedepankan pendidikan untuk anaknya di tengah kondisi sulit seperti ini.

"Beasiswa tidak hanya ditujukan untuk siswa yang berprestasi, tetapi juga perlu diberikan kepada orang tua yang kondisi ekonominya kekurangan tetapi tetap memprioritaskan pendidikan anaknya dengan selalu aktif mengikuti kegiatan sekolah, serta tertib dalam administrasi sekolah," Ujar Ketua Yayasan Al-Karim Bandar Lampung, Indah Pustpitasari.

Tidak hanya itu, lanjut Indah Puspitasari, kami juga ada beberapa program beasiswa selain bantuan pendidikan untuk orang tua, kami juga ada  program beasiswa rumah tahfidz untuk siswa. Beasiswa ini kami berikan kepada siswa yang memiliki semangat dan potensi untuk menuntaskan hafalan Al-Qur'an serta adanya dukungan dan komitmen dari orangtua selama menjalankan program beasiswa tersebut.

Bantuan Pendidikan untuk bunda hayati ini diberikan secara simbolis diruang media Al-Karim di sela-sela saat beliau di wawancara.

"Terima kasih bunda Hayati karena sudah menginpirasi kita semua dan semoga dengan adanya bantuan pendidikan ini bisa dimanfaatkan dengan baik," Tutup Indah Puspitasari.

No comments:

Post a Comment