Wednesday, March 31, 2021

Eksplorasi Desa Talang Mulya, Tempa Kemandirian Hingga Tumbuhkan Jiwa Sosial untuk Siswa SD Alam Al-Karim

 Rabu, 24 Maret 2021 siswa/i kelas V SD Alam Al-Karim Lampung melaksanakan kegiatan Ekplorasi Desa Talang Mulya yang bertempat di Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran. Kegiatan yang dilakukan siswa/i ini, bertujuan untuk melatih sikap mandiri dan berani, mampu merasakan hidup dipedesaan, belajar bersama maestro, jelajah air terjun, dan misi sosial untuk masyarakat sekitar.

Dalam kegiatan Eksplorasi yang berlangsung selama 2 hari yaitu hari rabu dan kamis, 24-25 Maret 2021. Hari pertama, kegiatan dimulai dengan mendirikan tenda dengan teman kelompoknya. Kemudian siswa/i melakukan kunjungan ke peternak ayam organik dan jambu kristal.
Sekitar pukul 16.35 WIB, siswa/i melakukan misi sosial berupa memberikan waqaf Al-Qur'an, Iqro, Juz Amma, dan Buku Bacaan untuk TPA Al-Qarib. Kegiatan dilanjutkan dengan agenda pribadi yaitu memasak makan malam, BBQ, dan Talent Show. Ditemani terangnya bulan dan api unggun di tengah lapangan yang dikelilingi tenda, siswa/i membakar sosis bersama kelompoknya. Satu persatu siswa masuk ketendanya untuk istirahat malam, karena merakan akan bangun pukul 3.20 untuk melaksanakan sholat tahajud bersama.
Angin sepoi-sepoi, ditambah indahnya pemandangan sunrice diarah timur menambah semangat siswa/i untuk melakukan senam dan aktivitas di hari kedua yaitu kunjungan ke pembuatan gula merah, penanaman toga, dan jelajah wisata air terjun.
Jalan menurun, ditambah suasana rimbun pepohonan, dan suara air mengalir membuat siswa/i semakin semangat untumenuju air terjun. Setelah sampai mereka melakukan sholat dzuhur, kemudian mereka mandi dan melakukan aktivitas lainnya.
"Kita di sana boleh mandi kan mi?" Ujar salah satu siswa sebelum berangkat ke air terjun.
"Iya kak, kita akan mandi di sana" Ujar umi Nisa menjawab pertanyaan tersebut.
Siswa/i senang dan bahagia, terlihat dari ekspresi wajah yang mereka pancarkan selama kegiatan berlangsung




No comments:

Post a Comment