Wednesday, February 24, 2021

"Siapa Saya?", Metode Kreatif Ajarkan Hukum Bacaan Al-Qur'an kepada Siswa

 Bandar lampung, 1 Februari 2020. Dibutuhkan ide dan cara yang kreatif agar siswa mampu memahami hukum bacaan Al-Qur'an dengan cara yang menyenangkan, seperti yang dilakukan salah satu Fasilitator SMP Alam Al-Karim Lampung, Abi Suprianto, S.Pd.I. Beliau mengajarkan materi "Hukum Bacaan Al-Qur'an" kepada siswa SMP Alam Al-Karim Lampung melalui metode "Siapa Saya?".

Abi Supri memanfaatkan kertas bekas yang sudah tidak terpakai untuk menuliskan sebuah potongan ayat dalam Al-Qur'an. Kemudian, setiap siswa mendapatkan kertas tersebut secara acak. Secara bergantian, siswa memberikan petunjuk tentang Hukum Bacaan yang didapatkannya dalam potongan ayat Al-Qur'an tersebut. Lalu, siswa lain bertugas untuk menebak Hukum Bacaan Al-Qur'annya.
Abi Supri mengatakan, "Anak-anak sangat senang dengan pembelajaran yang seperti ini, karena anak tidak merasa bosan dan lebih tertantang dengan teka-teki yang saya berikan. Metode 'Siapa Saya?' memudahkan anak untuk mengingat kembali Hukum Bacaan yang ada di Al-Qur'an sehingga anak-anak dapat membaca Al-Qur'an dengan benar sesuai dengan kaidah yang ada".


No comments:

Post a Comment