Wednesday, January 13, 2021

Latih Kemandirian Siswa, Melalui Kegiatan Life Skill


Sebanyak 8 siswa SD Alam Al-Karim berkumpul di salah satu rumah orangtua murid yang bernama Andreia Zevana Xyla Prameswari yang berlokasi di Perumahan Gunter 2. Dengan penuh kegembiraan, mereka mengikuti pelajaran tersebut dengan antusias saat program SKBE (Satuan Kelompok Belajar Eksklusif) berlangsung.

Di salah satu sudut ruangan yang menjadi tempat berkegiatan mereka, guru beserta anak murid membentuk lingkaran sebelum memulai pembelajaran. Iffa selaku ketua kelas memimpin doa pada saat itu. Masing-masing siswa mempersiapkan barang-barang yang akan digunakan saat belajar. Kegiatan _life skills_ hari itu adalah tentang bagaimana cara melipat baju. Abi Agus selaku guru pada kegiatan tersebut menjelaskan tahapan-tahapan cara melipat baju.

Dimulai dengan memposisikan baju dengan benar, kemudian mengancing baju jika memiliki kancing, untuk baju yang tidak memiliki kancing posisi baju terbalik pada bagian belakang. Setelah posisi berada pada tempat yang benar, selanjutnya adalah menarik garis di kedua tepi baju masing-masing. Kemudian melipat ke arah vertikal pada kedua tepi baju tersebut yang telah di tandai. Setelah itu melipat lengan baju ke arah lipatan vertikal sebelumnya, kemudian melipat pada bagian tengah sisi baju tersebut.

Seperti itulah penjelasan dari Abi Agus, selaku guru yang terlibat pada kegiatan tersebut. Meski beberapa anak kebingungan saat di awal, namun mereka tetap bisa melipat baju tersebut dengan baik.

"Abi ternyata cukup mudah ya melipat baju itu"!, seru salah satu siswa yang bernama Xyla.

Kegaiatan yang berlangsung selama 90 menit itu ditutup oleh guru dengan menjelaskan manfaat dari belajar melipat baju sebagai bekal pada saat dewasa nanti.

No comments:

Post a Comment