Monday, October 19, 2020

Terbukti! Mini Outbound Bisa Bikin Siswa Menangkap Pembelajaran Dengan Cepat

Pagi yang cerah di kelas Satuan Kelompok Belajar Eksklusif (SKBE) pada hari Rabu, 7 Oktober 2020 siswa-siswi TK Islam Al-Karim mengenal angka dengan cara yang menyenangkan. Bertempat di Daycare Al Karim. Kegiatan di mulai dengan melakukan mini outbond.

"Mengenalkan angka merupakan kegiatan yang susah-susah gampang untuk diajarkan kepada anak-anak. Karena pada hakikatnya anak-anak itu sangat senang bermain. Jadi kami mendesain pembelajaran yang 

seolah-olah mereka sedang bermain tetapi kita selipkan pembelajaran di dalamnya" ujar Smesda Pertiwi selaku fasilitator.

Dalam kegiatan mini outbond siswa diminta untuk mengambil bola yang sudah ada angkanya dan melewati halang rintang yang sudah dipersiapkan seperti melompat, dilanjutkan dengan melewati garis lurus lalu berlari zig zag dan yang terakhir meletakkan bola angka ke tempat yang bergambar kucing sesuai dengan jumlahnya.
Antusias siswa sangat terlihat saat melompat mengikuti halang rintang yang sudah dibuat fasilitator. Semua siswa tertawa dan ikut berhitung bersama dan memberi semangat.
Untuk itu siswa TK Islam Alkarim School Lampung mengenalkan angka dan berhitung dengan cara cara yang seru dan menyenangkan.

"Rentang konsentrasi anak prasekolah masih pendek. Keterampilan motorik kasar si kecil pun sedang pesat-pesatnya, sehingga fokusnya mudah teralihkan. Oleh karena itu, belajar mengenal angka perlu dikemas dengan cara menyenangkan. Salah satunya dengan kegiatan yang membuat anak lebih banyak bergerak daripada hanya sekadar duduk di kursi dan menulis di atas meja." Tutup Smesda Pertiwi.

No comments:

Post a Comment