Thursday, September 24, 2020

Metode Show and Tell Latih Kepercayaan Diri Siswa Melauli Permainan Puzzle

 

Seberapa sulit bercerita di depan orang bagi anak? Banyak yang mengira bercerita itu sulit, terutama untuk siswa yang memiliki kepercayaan diri yang rendah.

Dengan suasana yang cerah, di salah satu rumah siswa peserta belajar siswa kelas 2 SD Alam Alkarim Lampung, dapat menceritakan tahap-tahap pertumbuhan hewan menggunakan bahasa sederhana mereka masing-masing.

Kegiatan tersebut berlangsung diawali dengan menyusun potongan-potongan kertas daur hidup hewan dengan urutan yang benar, kemudian siswa menempelkan potongan kertas tersebut ke sebuah buku.

Ketika susunan tersebut sudah benar, siswa menarik garis. Kemudian memberikan nomor dan mendeskripsikannya. Setelah semua selesai siswa maju satu per satu untuk menceritakan di depan teman-temannya.

Menurut Via selaku Fasilitator Sekolah Alam Alkarim mengatakan, " belajar dengan cara seperti ini dapat melatih kepercayaan diri siswa berbicara di depan salah satunya dengan menceritakan hasil deskripsi yang telah mereka tuliskan sebelumnya" tutur via.
.

No comments:

Post a Comment