Monday, October 19, 2020

Mentauhidkan Ayat-Ayat Ciptaan Allah, Siswa SMP Alam Al-Karim Lakukan Tadabbur Alam


Pada hari Jumat yang cerah, 16 Oktober 2020 Siswa-Siswi SMP Alam Al-Karim Lampung melakukan salah satu agenda Green Therapy yaitu hiking yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan . Rute perjalanan dilakukan di sekitar perbukitan Kemiling Bandar Lampung.

SMP Alam Al-Karim Lampung adalah sekolah menjadikan alam sebagai pembelajaran, salah satunya yaitu mentadaburi alam dengan melihat ciptaan Allah yang ada di sekitar kita. Perjalanan hiking dimulai dari SMP Alam Al-Karim kemudian berjalan ke arah jalan Pinang Jaya kemudian masuk ke dalam bukit Pinang Jaya. Hiking tersebut mempunyai beberapa misi.

Misi pertama, siswa-siswi harus mengamati tumbuhan dan hewan yang ada di setiap perjalanan yang kemudian di tulis yang akan menjadi penilaian pada pembelajaran IPA. Misi kedua, siswa-siswi perkelompok di berikan misi untuk mengambil sampah plastik yang ditemukan setap di perjalanan yang tujuannya untuk mengajarkan siswa 

perduli terhadap lingkungan. Dan kemudian ditutup dengan agenda refleksi tadabur alam yang di sampaikan oleh Abi Suprianto selaku Guru Akhlak Islamika.
"Semua tumbuhan dan hewan yang kita temukan diperjalanan. Mereka semua bertasbih kepada Allah swt. dan jadilah seperti tumbuhan yang selama hidupnya memberikan manfaat. Daunnya yang sejuk memberikan oksigen yang segar untuk mahluk hidup dan buahnya memberikan manfaat untuk makhluk hidup lainnya." sedikit cuplikan kata Abi Suprianto selaku Guru Akhlak Islamika.

No comments:

Post a Comment