Thursday, October 22, 2020

Jaga Ketahanan Pangan Dimasa Pandemi, SD Alam Al-Karim Latih Siswa Berkebun

 

Siswa Kelas 1 SD Alam Al-Karim melakukan kegiatan berkebun pada Rabu (14/10/2020). dengan berperan sebagai petani meraka menanam pohon yang bisa ditanam di pelataran rumah untuk bisa dimanfaatkan sebagai bahan pangan untuk kebutuhan sehari-hari.

Pada pembelajaran berkebun kali ini mereka menanam kangkung. Media yag digunakan yaitu berupa cup bekas air minuman kemasan. sebelum menanam kangkung, mereka menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. terlihat beberapa siswa penasaran dengan alat dan bahan yang fasilitator siapkan. "umi, ini biji apa" tanya salah seorang siswa dengan penuh penasaran. dengan cepat dan lugas fasilitator menjelaskan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menanam kangkung.

Tidak hanya tanah yang subur dan cukup air, menanam kangkung juga membutuhkan biji tanaman yang baik, sambil membuka bungkusan kertas kecil, umi navi menunjukkan biji kangkung pada anak didiknya.

kegiatan menanam ini bertujuan untuk membekali siswa untuk bisa menanam tanaman pangan holikultura dengan memanfaatkan lahan sekitar. Selain itu melatih tanggung jawab siswa terhadap tanaman, serta menunjukan kuasa Allah swt yang telah menghidupkan tanaman kangkung yang berasal dari biji dan akhirnya menjadi tanaman baru.


1 comment:

  1. yess betul dari makananan sumber kesehatan kita tu dan btw ada informasi Cara menanam kangkung dan Cara budidaya belut kah? dan jangan lupa untuk kunjungi di koinx.id

    ReplyDelete