Wednesday, September 9, 2020

Dongkrak Minat Baca Siswa, Fasilitator Kreasikan Permainan Ular Baca


Menumbuhkan minat baca untuk siswa tentu bukanlah hal yang mudah, apalagi dengan berkembangnya teknologi seperti ini banyak merubah kebiasaan siswa. Banyak siswa menghabiskan waktu didepan ponsel untuk bermain game ketimbang membaca, Sehingga perlu adanya cara untuk meningkatkan minat baca siswa.

Seperti halnya yang dilakukan fasilitator kelas 1 SD Alam Al-Karim Lampung, saat melakuakn kegiatan belajar membaca pada satuan kelompok belajar Ekskulisf (SKBE) pada 7/9/2020 berlokasi di SD Alam Al-Karim Lampung, kec. Kemiling, Bandar Lampung.

Fasilitator SD Alam Al-Karim  memiliki trik jitu yang dapat merangsang minat baca salah salah satunya dengan mencipatakan permainan ular baca.

permainan ular baca ini melatih anak untuk membaca dan mengenal angka. saat dadu dilempar anak akan belajar menghitung mata dadu yang diperoleh dan mengurutkannya pada papan ular baca. setelah pionnya berhenti anak diharuskan membaca kotak dimana dia berhenti. dalam permainan ini juga terdapat ular yang mengharuskan pemain untuk menerima ketertinggalan langkahnya dan memberi semangat pada teman yang beruntung mendapatkan anak tangga kenaiakan.

Siswa pun terlihat aktif saat melakukan permainan ular baca, terlihat saat mereka tidak sabar menunggu giliran untuk memainkannya.

"Tanpa disadari Dengan permainan ular baca, anak akan lebih bersemangat dalam belajar membaca dan berhitung" ujar Navy selaku wali kelas 1.

No comments:

Post a Comment