Monday, August 24, 2020

Perkembangan Anak di Era Digital



Era digital merupakan masa dimana manusia telah melek teknologi dan semuanya serba terkoneksi, semua serba cepat, mudah dan instan. Namun ada banyak hal yang perlu diperhatikan pada era digital ini salah satunya yaitu mengenai perkembangan anak.

Perkembangan anak merupakan suatu hal yang kompleks, artinya banyak faktor yang turut berpengaruh dan saling terjalin dalam berlangsungnya proses perkembangan anak. Baik unsur-unsur bawaan maupun unsur-unsur pengalaman yang diperoleh dalam berinteraksi dengan lingkungan sama-sama memberikan kontribusi tertentu terhadap arah dan laju perkembangan anak. Lalu bagaimana dengan proses perkembangan anak di era digital seperti sekarang ini?



Menurut Ikatan dokter Indonesia (IDI) “Anak-anak generasi masa kini merupakan generasi digital native, yaitu mereka yang sudah mengenal media elektronik dan digital sejak lahir”. Generasi digital cenderung ingin memperoleh kebebasan. Mereka tidak suka diatur dan di kekang. Mereka ingin memegang kontrol dan internet menawarkan kebebasan berekspresi. Oleh karena itu, orang tua memiliki peran penting dalam mendampingi perkembangan anak di era digital ini. “Orang tua diharapkan mampu melindungi anak-anak dari ancaman era digital, tetapi tidak mengahalangi potensi manfaat yang bisa ditawarkannya” (Anonim)

Berikut ini cara pendampingan yang perlu diterapkan orangtua dalam era digital terutama pada masa usia remaja (12-18 tahun)
1. Memiliki kesepakatan yang dipahami dan dijalankan bersama
2. Memperkenalkan keanekaragaman, ras, etnis, dan situasi ekonomi
3. Mengajak anak berfikir kritis atas tayangan dan informasi yang di dapatnya
4. Memanfaatkan tayangan pada media dan perangkat untuk membicarakan berbagai karakter
5. Memanfaatkan media blog untuk melatih anak berfikir kritis dan membimbing mereka untuk menjadi penulis bukan hanya pembaca
6. Mengajak anak untuk mengeksplorasi lebih jauh minat dan bakatnya
7. Menghindari tayangan iklan rokok, minuman keras dan narkoba
8. Menanamkan etika berkomunikasi positif di media sosial
9. Memperhatikan pengaturan privasi dalam media digital, khususnya media sosial
10. Membatasi aktivitas anak di sosial media

Dengan pendampingan dan pendidikan yang tepat, mudah-mudahan anak-anak akan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang mampu beradaptasi dengan lingkungan dan zamannya.
Sumber :
https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id

Penulis : Setiyaningsih
Minggu, 09 Agustus 2020

No comments:

Post a Comment